Daftar Nama dan Versi Os Android dari Astro sampai Oreo

daftar nama android


Android Canggih- Mungkin sobat semua sudah paham tentang apa yang namanya Android ini, ya gadget pintar inilah yang sedang marak di pasaran handphone, karena android ini banyak di lengkapi dengan fitur-fitur canggih, merk dan type pun bervarian, dan os android pun bertingkat-tingkat pula versi nya dari yang tingkat rendah hingga tertinggi.

Mungkin sobat pernah mendengar versi os android yang kebanyakan menggunakan nama makanan semisal jelly bean, kitkat lolipop dll, nah pertanyaan nya kenapa produck ini di namakan sejenis makanan ya..? Sebenarnya bukan hanya makanan ya namun makanan yang berbasis agak kemanis-manisan, karena ini adalah kode untuk mereka dan bukan nama sembarangan melainkan memiliki tujuan yang khusus.

Baca Ya:ANDROID L VS IOS 8

Sebenarnya nama-nama  ini juga sangat strategis ya, karena memiliki urutan Alphebet di mulai dari huruf C dan seterusnya, pengambilan namanya pun juga mengambil dari nama makanan dan tujuan nya pun juga simpel sebenernya agar pengguna enak dan gampang mengingat nya (salah satunya).

Dan perlu di ketahui bahwa sobat sekalian pasti belum kenal dan paham urutan-urutan versi os android ini karena yang umum dan biasa yang di gunakan sobat dan gua adalah os di mulai dari Jelly Bean sampai Nougat.

Nah bagi sobat sekalian yang merasa penasaran dan ingin tahu apa saja urutan nama-nama os android ini maka silahkan di simak dan di ingat bila perlu.

Daftar Nama-Nama Versi Os Android

1, Android V 1,0 Astro (Alpha)
Sebenar nya sebelum mereka membuat versi-versi android yang bisa di jual secara komersil Os.Alpha ini sudah di buat, namun dengan alasan hak cipta nama ini  tidak jadi di gunakan nya.

2, Android V 1,1 bender (beta)
 Versi ini kalau tidak salah di rilis pada tanggal 5 November 2007 yang merupakan versi android lanjutan dari Astro, namun dengan alasan yang sama (hak cipta) nama ini pun juga tidak jadi di gunakan, dan pada akhirnya lahirlah telepon seluler yang di operasikan oleh sistem android yang bernama HTC Dream.

3, Android V 1,5 Cupcake
Versi Cupcake ini adalah nama makanan pertama yang di gunakan untuk menamai versi-versi android untuk selanjutnya menamai juga dengan nama makanan anis, dan hingga sekarang pun masih tetap di gunakan, 30 april 2009 adalah tanggal android Cupcake di rilis.

4, Android V 1,6 Donut
Dirilis tidak sampai setahun setelah perilisan Android Cupcake, yakni pada tanggal 15 September 2009.
Versi ini dihadirkan untuk menutupi bug pada versi sebelumnya, sekaligus untuk penambahan beberapa fitur seperti misalnya dukungan untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar.

5, Android V 2,0-V 2,1 Eclair
Android versi Eclair ini juga di rilis tidak sampai satu tahun setelah perilisan dua os sebelum nya, dan 26 oktober 2009 adalah tanggal perilisan nya, Mereka masih fokus untuk menutupi bug dan juga menambah fitur termasuk bloetooth, flash dalam layar dll.

6, Android V 2,2 Frozen Yoghurt (Froyo)
Os versi ini di liris pada tanggal 20 mei 2010, perangkat dengan Os ini semakin banyak peminat nya dan tak sedikit yang melirik nya meski tingkat pemasaran nya belum populer dan masih kalah dengan Os lain nya.

7, Android V 2,3 Gingerbread
Bersamaan dengan hadirnya Nexus S (termasuk produk samsung)  versi ini di liris pada tanggal 6 desember 2010, Android versi Gingerbread ini telah mengawali kesuksesanya di dunia Smartphone.
Dan beberapa Vendor mulai serius untuk menggarap perangkat dengan Os Android, bahkan pada saat itu Samsung dengan Galaxy Seriesnya berperan besar dalam kesuksesan Android .

Setelah itu orang awam mulai mengenal os android dan bahkan orang awam pun menganggap bahwa Os Android ini milik Samsung karena kuat nya Branding yang di lakukan oleh samsung.

8, Android V 3,0-V 3,2 Honeycomb
Versi ini di liris pada tanggal 10 mei 2011, dan di rancang khusus untuk versi Tabblet.

9, Android V 4,0 Ice Cream Sandwich
Dirilis pada 16 Desember 2011. Bisa dibilang merupakan Android Honeycomb yang disempurnakan, dan dioptimalkan untuk penggunaan baik smartphone maupun tablet.

10, Android V 4,1-V 4,3 Jelly Bean
Dirilis pada 9 Juli 2012. Bersamaan dengan diperkenalkannya versi OS 4.1 pada 27 Juni 2012, Google juga memperkenalkan Nexus 7 yang diproduksi oleh ASUS. Nexus 7 (generasi 1) merupakan seri Nexus pertama yang merupakan perangkat tablet. Jelly Bean mengalami 3x update versi yakni 4.1, 4.2 hingga 4.3.

11, Android V 4,4 Kitkat
Nama Kitkat diambil dari sebuah produk cemilan wafer berlapis coklat yang dimiliki oleh Nestle. Sebelumnya Android versi “K” ini disebut-sebut sebagai Key Lime Pie, namun atas beberapa pertimbangan akhirnya Google lebih memilih untuk memberi nama Kitkat.

Ceritanya sebenernya ada tapi simpel saja ya, saat para karywan berada di ruang diskusi ada makanan di atas meja yang biasa mereka jadikan cemilan, dan ada yang bilang "hey kenapa tidak di namai saja dengan Kitkat? dan akhirnya jadi deh nama kitkat hingga sekarang.

12, Android V 5,0-V 5,1 Lollipop
Dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014, versi OS ini mengusung perubahan besar dari segi UI yang nampak lebih flat dengan konsep material design.

 Versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit sehingga sudah memungkinkan untuk penggunaan RAM diatas 3 GB pada hardware perangkat.

Penggunaan prosesor 64-bit pun makin banyak diadopsi oleh para vendor, mulai dari penerapan pada perangkat flagship hingga perangkat kelas menengah kebawah.

13, Android V 6,0 Marshmallow
Versi Android ini resmi dirilis pada bulan September tahun 2015. Bersamaan dengan dirilisnya versi ini, untuk pertama kalinya Google juga memperkenalkan 2 perangkat smartphone Nexus sekaligus yang diproduksi oleh 2 vendor yang berbeda.

14, Android V 7,0 Nougat
Resmi diperkenalkan pada akhir Juni 2016. Banyak netizen yang berspekulasi bahwa kemungkinan besar, pemberian nama untuk Android versi “N” ini adalah Nutella. Namun Google menepis kabar tersebut setelah resmi memperkenalkannya bersamaan dengan dipamerkannya patung icon Android yang berdiri diatas potongan Nougat (yang sepintas lebih mirip dengan tempe jawa itu).

15, Android V 8,0 Oreo
Yang terakhir adalah Os android yang bernama Oreo, kalau melihat gabar nya si rasanya ingin memakan nya namun jika di lihat barang nya ternyata ini bukan makanan, hhee

Kenapa tidak di namai Kue tar saja ya biar enak kalau ada yang ulang tahun, ? yaa mungkin di luar sana sudah gak musim ulang tahun mungkin atau ada alasan lain.

Untuk versi Oreo ini telah di ketahui setelah google memberi pengumumanya pada bulan Agustus 2017 kemarin.

Nah ternyata banyak juga ya Versi Os Android, tak ku sangka hhee

Gimana sob sudah tahukan sekarang ?

Rasa penasaran pun sudah terjawab kan ?

Jika sobat pengen simpelnya saya sediakan di sini :
1, Android V 1,0 Astro (Alpha)
2, Android V 1,1 bender (beta)
3, Android V 1,5 Cupcake
4, Android V 1,6 Donut
5, Android V 2,0-V 2,1 Eclair
6, Android V 2,2 Frozen Yoghurt (Froyo)
7, Android V 2,3 Gingerbread
8, Android V 3,0-V 3,2 Honeycomb
9, Android V 4,0 Ice Cream Sandwich
10, Android V 4,1-V 4,3 Jelly Bean
11, Android V 4,4 Kitkat
12, Android V 5,0-V 5,1 Lollipop
13, Android V 6,0 Marshmallow
14, Android V 7,0 Nougat
15, Android V 8,0 Oreo


Dan jika masih penasaran dengan gambar gambar nya silahkan berkunjung di teman admin sebelah sini.
Atau sobat ingin mencari daftar nama android juga bisa, mencari jenis-jenis android pun juga bisa, tapi di Google ya hhii

Okey sekian dulu dari saya ya,,,, Good by......



Subscribe to receive free email updates: