Cara Menghemat Baterai Android agar bisa Bertahan Seharian

menghemat baterai


Android Canggih- Smartphone Android memang terkenal akan kapasitas baterai yang rendah dan tergolong cepat habis dan boros, Bahkan mirisnya lagi ada type android yang standbay nya pun memakan baterai yang sangat besar sehingga tidak di operasikan pun Android ini baterainya bisa habis.

Miris dan menyedihkan bukan?

Apalagi bagi sobat yang gemar main Game Online pasti sering merasa jengkel kesel dan sebel karena saat masih asik-asik nya main game tiba-tiba baterai habis, nah di sini admin akan memberikan tips agar Baterai  Hp Android sobat bisa bertahan lama seharian, baik menghemat baterai type samsung, menghemat baterai type Lenovo, Oppo, Xiomi, advan dll.

Dengan cara ini maka insya Alloh Baterai android sobat bisa bertahan lama dan tidak perlu lagi mengeluh tentang baterai yang boros, karena trik kali ini sangat lah ampuh untuk semua type android.

Kenapa harus menghemat baterai android ?

Begini, Karena Baterai android yang di bekali kapasitas yang rendah ini sobat tidak bisa dengan leluasa memainkan android sobat, dan berikut beberapa penyebab Hp Android cepat boros dan habis :



Main Game, saat main game sobat sudah pasti sampai berjam-jam karena hobi dan udah terlanjur kecanduan game, dan akhirnya tanpa di sadari baterai android sobat habis dan lama kelamaan Baterai akan cepat rusak dan boros,

Main Sosmed Berjam-jam , coba di inget-inget sehari ini sobat sudah berapalama berselancar di sosmed ? sudah lama bukan ? apalagi Kids Jaman Now kalau udah pegang Hp yaa lupa segalanya dan nyampek berjam-jam hingga akhirnya baterai habis (lowbeat), dengan demikian baterai akan cepat habis dan boros bisa jadi akan merusak baterai.

Buka Youtube , biasanya sobat yang sudah mulai bosan di sosmed karena ga ada lawan chat maka sobat larinya akan ke Youtube dan melihat Video-video di alam sana, dan saat sudah melihat youtube bawaan nya pengen sobat lihat semua isi video youtube, karena secara tidak langsung youtube mencandui otak kita juga,  setelah buka youtube berjam-jam maka hp panas dan suhu baterai akan meningkat drastis sehingga akan cepat habis.

Video Call, wajar dong remaja kaya sobat main video call apa lagi yang baru jadian sama pacar nya pasti setiap saat video call an (itu kurang baik), nah saat video call dengan waktu 1 jam saja maka hp sudah mulai terasa panas suhu meningkat dan al-hasil baterai habis.

Main Hp Sambil di Casger, nah yang satu ini tak sedikit pengguna android 99,9% pernah main hp saat kondisi hp masih di casger (itu bahaya), apalagi yang gemar main game online pasti hp habis tetep aja di pakek buat main game dan dengan di cas mereka pikir akan baik-baik saja, namun tidak demikian.

Nah di atas adalah beberapa penyebab baterai hp android cepat boros, karena biasanya baterai android ini cepat panas saat di mainkan berjam-jam,

Terus bagai mana cara menghemat baterai android kami ?

Jawaban nya ya di bawah ini ya,!

Karena sesuai janji admin kalau akan berbagi Cara Menghemat Baterai android agar bisa setabil.
Sebelum nya alangkah baik nya jika kita memegang pedoman ini.

"Menggunakan Smartphone dengan cara yang baik dan benar, menggunakan Smartphone hanya dengan kepentingan, tidak Terpicu Oleh alat ini, tetap akan menggunakan android seperlunya saja"

menghemat baterai

Baiklah berikut Cara Menghemat Baterai Android Bertahan Seharian, simak dan terapkan

1, Jangan Menggunakan Wallpapper Animasi
Wallpaper yang beranimasi akan memakan baterai yang cukup besar dan akan cepat boros, karena saat memasang wallpapper beranimasi maka dalam keadaan standbay saja animasi masih berjalan dan memakan banyak baterai.

Jadi, gunakan wallpapper yang bergambar saja, bisa foto sendiri atau foto download di google.

2, Atur Contras Kecerahan Layar
Aturlah Contras kecerahan layar android sobat di bawah 10%, karena dengan demikian sobat bisa menghemat baterai android sobat, atau atur kecerahan layar sobat seminimalis mungkin, agar baetrai sobat bisa di gunakan lebih lama lagi.

Bisa juga sobat menyesuaikan kondisi di sekitar sobat, jika kondisi yang minim cahaya maka sobat cukup menggunakan contras layar yang rendah jika perlu gunakan "autocontras" yang ada di android sobat,

Jadi, Gunakana contras kecerahan layar android sobat seminimalis mungkin agar baterai sobat bisa bertahan selama seharian.

3, Jangan Gunakan Android saat di Cas
Cara menghemat baterai yang ketiga ini adalah cara yang sangat berpengaruh sekali terhadap baterai sobat, apapun yang terjadi jangan gunakan android sobat saat masih keadaan di cas, karena selain membuat batre sobat habis di saat itu juga bisa merusak baterai sobat di kemudian hari bahkan bisa merusak sistem android sobat,

Jadi, tinggalkan saja android sobat saat di cas, biarkan dia istirahat sejenak untuk memulihkan tenaga kerjanya agar tidak panas dan bisa stabil kembali

4, Atur Waktu Tidur Smartphone Android
Aturlah waktu tidur android sobat dengan kira-kira 30 detik saat tidak di gunakan dan atur kunci tombol otomatis sobat, karena dengan demikian akan menghemat baterai android sobat.

Jadi, jangan biarkan android sobat nyala dalam keadaan tidak di gunakan

5, Hindari Cuaca Panas
Saat android di luar ruangan atau di bawah terik matahari maka suhu baterai android sobat akan akan meningkat drastis, jika sobat yang berakifitas di bawah terik matahari maka lebih baik android sobat di simpan di tempat yang aman dari panas matahari, tas misal nya, maka dengan demikian akan mengurangi suhu panas dari sinar matahari tersebut.

Jadi, Jauhkan ponsel sobat dari sinar matahari

6, Matikan Fitur Getar,Gps,Data Seluler, Auto Sync
Dengan memaikan fitur fitur ini maka android sobat akan bertahan lama lagi dan tidak akan boros, berikut keterangan nya

Fitur Getar, matikan getar di ponsel sobat misalnya saat menekan tombol-tombol dan notifikasi getar, karena saat getar maka sistem android akan bertambah tugasnya, jadi lebih baik matikan saja

Fitur Gps, lebih baik matikan saja fitur gps ini karena saya rasa fitur ini juga belum di butuhkan, gunakan gps saat di butuhkan dan jangan di hidupkan saat tidak di perlukan, dengan demikian baterai sobat bisa lebih lama lagi

Data seluler, yang satu ini memang berat jika kita harus mematikan nya karena android akan lebih indah jika data hidup dan banyak notfikasi yang masuk, namun perlu sobat ketahui jika data seluler hidup maka otomatis notfikasi yang berbasis data seluler seperti notfkasi facebook,instagram, whatsapp akan menguras baterai sobat, belum lagi aplikasi-aplikasi yang berjalan di balik layar.

Maka lebih baik matikan saja data seluller saat sobat tidak menggunakan hp dalam jangka waktu yang lama

Auto Sync, Auto ini adalah auto singkronisasi di mana dia bekerja akan otomatis singkron sendiri seperti email, maka saat ada email masuk maka akan singkron otomatis dan itu juga bisa memakan baterai yang lumayan banyak jadi matikan saja auto sync ini.

7, Batasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang
Dengan membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang maka sobat sudah termasuk menghemat baterai sobat, atur aplikasi yang tidak pernah di gunakan atau yang jarang di gunakan, karena saat hp dalam keadaan hidup atau mati sekalipun aplikasi-aplikasi akan tetap berjalan dan itu sangat memakan banyak baterai.

Untuk cara mematikan fitur ini sobat bisa cari di google

8, Gunakan Mode Hemat Daya Ultra
Manfaatkan fitur ini untuk menghemat daya baterai sobat agar bisa bertahan lama dan tidak boros, karena fitur ini meiliki manfaat antara lain,

Otomatis mematikan notifikasi-notifikasi yang berbau suara dan getar,
Mematikan otomatis singkronisasi
Mematikan kecerahan layar yang berlebihan
Mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang
dll

9, Hapus Aplikasi yang tidak Penting
Hapuslah aplikasi yang kurang penting menurut sobat, karena semakin banyak aplikasi kinerja baterai akan terus meningkat tinggi, gunakan aplikasi yang penting saja seperti youtube,facebook,instagram dan sejenis nya

10, Hindari Main Game Online
Nah kok di suruh menghindari nya si?
Padahal serunya main android kan saat main game online

Memang ada yang berpendapat jika itu benar,
namun, menurut saya jauhi saja jika tidak bisa ya bermain nya secukup nya saja dan jangan berlebihan

11, Jauhi Gonta-ganti Casger/kabel.data
Nah cara yang terakhir ini banyak yang kurang faham jika ganti-ganti casger itu justru malah membuat batre android bisa cepat boros dan bahkan bisa eror, biasa nya remaja saat main kemanapun dengan alasan gengsi membawa casger sendiri yang ori maka saat android nya habis baterai terpaksa harus pinjem casger teman dan bukan ori, maka hal itu akan cepat membuat baterai android boros dan cepat rusak.


Dengan menerapkan cara di atas maka baterai android sobat akan bertahan lama dan sampai bisa seharian full tanpa ngecas.

Kesimpulan nya, Gunakan Smartphone Android sobat dengan sebaik-baik nya, jangan gunakan untuk hal-hal yang tidak penting dan menimbulkan dampak buruk terhadap sobat sendiri.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat sobat sekalian yang membutuhkan nya..



Subscribe to receive free email updates: