Sejarah Android dan Pencipta Android (Sang Otak Jenius)

sejarah android

Android Canggih- Beberapa tahun terakhir ini memang tak bisa kita pungkiri lagi bahwa di dunia Gadget sedang marak  yang namanya Smartphone yang di di operasikan oleh Os Android. namun yang jadi pertanyaan nya

 apakah android itu ?
 siapakah pencipta android itu ?
kapan android diciptakan ?
dan bagaimana sejarah android ?

Memang benar tak sedikit dari kita yang belum paham tentang Android ini, namun yang kita pahami adalah jika Hp sudah Androiditu Hp keren, gitu aja sepengetahuan kita,  Tapi mulai sekarang tidak demikian karena mulai saat ini sobat sekalian akan mulai mengenal Android dan akan segera tahu pencipta dan sejarah nya.

Baik lah sebelum itu mari kita ketahui

 Apa itu Android ?

Android adalah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk ponsel bergerak (layar sentuh) seperti Telephon Pintar dan komputer Tabblet.

Sudah paham ?

Okey lanjut !

Android awalnya dikembangkan oleh Android Inc., dengan dukungan finansial dari Google,yang kemudian di beli nya pada tahun 2005.

Sistem ini di rilis secara resmi pada tahun 2007 dan bertepatan atau bersamaan dengan di dirikan nya Open Handset Alliance.

Apa Open Handset Alliance ?

Singkat nya
 Open Handset Alliance atau biasa di sebut OHA adalah Konsorsium dari perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, Produsen perangkat seluller seperti Htc, Sonny, dan Samsung.(Selanjutnya baca di sini).

Sedangkan apa Konsorsium ?

Jawaban,  Konsorsium adalah pembayaran bersama suatu proyek atau perusahaan yang dilakukan oleh dua atau lebih Bank atau lembaga keuangan.

Dengan penjelasan lain:
Android adalah, sistem operasi dengan sumber terbuka dan Google telah merilis kodenya  di bawah Lisensi Aparence.

Okey setelah sobat membaca tulisan manis di atas sobat sekarang sudah sedikit memahami tentang android ya,,,!

Maka Admin akan mengajak sobat untuk melanjutkan misi kita.


Sejarah Android (Sistem Operasi)

sejarah android
Andy Rubin

A
ndroid Inc, di dirikan oleh Andy Rubin (dan ) di Palo Alto California pada bulan Oktober 2003.

Nama-nama para pakar Pendiri Android

Awal nya Android ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang di peruntukan bagi Camera Digital, namun dikemudian hari telah di sadari para otak jenius ini bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar.

Baca juga ya artikel keren: Kisah Andy Rubin Yang Bikin Ngiler

Lalu Pengembangan Android ini di alihkan pada pasar telepon pintar untuk menyaingi Syimbian dan Windows Mobile (Iphone Apple pada saat itu belum di rilis). Meskipun para pengembang Android jenius ini adalah pakar-pakar teknologi yang sudah berpengalaman di bidang nya, namun, Android Inc. ini di operasikan secara diam-diam, hanya di ungkapkan bahwa para pengembang sedang menciptakan sebuah perangkat lunak yang di peruntukan pada Telepon Seluler.

Masih pada tahun yang sama Rubin kehabisan uang untuk dana bisnis baru nya itu, naman ada teman dekat Rubin yang bernama Steve Perlman yang telah meminjami uang tunai kepad Rubin, pasal nya uang tersebut berjumlah $10.000 tunai.

Google mengakuisisi Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005, dan Google menjadikan nya sebagai anak perusahaan yang di miliki Google secara sepenuh nya.

Namun para pendiri Android Inc. seperti Rubin, Winer dan White beberapa rekan nya masih bekerja di perusahaan meski sudah di akuisisi oleh Google. setelah itu tidak tahu banyak tentang perkembangkan Android Inc. namun banyak anggapan yang menyatakan bahwa Google memiliki rencana untuk memasuki pasar telepon seluler untuk tindakan nya ini.

Di Google, yang di pimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform perangkat seluler yang menggunakan Kerner Linux. Pihak Google memasarkan platform tersebut kepada produsen perangkat seluler dan operator nirkabel, dengan janjinya bahwa mereka menyediakan sebuah sistem yang fleksibel dan bisa di perbarui.

Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras, dan mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerja sama ini terbuka untuk siapapun yang ingin berpartisipasi.

Sepekulasi Google untuk memasuki pasar komunikasi seluler telah berkembang hingga desember 2006. BBC dan Wall Street Journal melaporkan bahwa Google sedang bekerja keras untuk menyertakan aplikasi dan mesin pencari nyadiperangkat seluler. dan media cetak dan media daring mengabarkan bahwa Google sedang mengembangkan perangkat seluler dengan merk Google.

Pada bulan Desember 2007 Informationweek melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler.

Pada tanggal 5 November 2007 Open Handset Aliance telah di dirikan, sedangkan tujuan OHA ini untuk mengembangkan setandar terbuka bagi perangkat seluler. Pada sat itu Android di resmikan sebagai Produk pertama nya, sebuah platform perangkat seluler yang menggunakan kernel linux versi 2,6.

Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem Operasi Android adalah HTC Dream yang di luncurkan pada tanggal 22 Oktober 2008.

Pada tahun 2010 Google merilis seri Nexus,
Perangkat pintar dan tabblet dengan Sistem Operasi Android yang di produksi oleh mitra produsen seperti HTC, LG dan Samsung.

HTCbekerja sama dengan Google dalam merilis produk telepon pintar Nexus pertama, yaitu Nexus One, seri ini telah di perbarui dengan perangkat yang lebih baru, misalnya telepon pintar Nexus 4 dan Tablet Nexus 10 yang di produksi oleh LG dan samsung.

Pada tanggal 15 Oktober 2014  Google mengumumkan bahwa Nexus 6 dan Nexus 9 yang di produksi oleh Motorola dan HTC. dan pada tanggal 13 maret 2013 Larry Page mengumumkan dalam postingan blog nya bahwa Andy Rubin telah pindah dari Divisi Android untuk mengerjakan proyek-proyek baru di Google. Ia di gantikan oleh Sundar Pichal yang sebelum nya menjabat sebagai kepala divisi Google Chrome, yang mengembangkan Chrome OS.

Sejak tahun 2008 Android secara bertahap telah melakukan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki Bug yang terdapat pada versi sebelum nya.

Setiap versi utama yang dirilis di namainya secara Alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut  atau makanan yang bergula (lebih tepat nya makanan yang rasa nya manis), misal nyaversi 1,5 yang bernama Cupcake, kemudian di ikuti oleh versi 1,6 yang bernama Donut dan versi terbaru nya adalah versi 8,0 yang bernama Oreo.

Atau bisa di baca tentang daftar nama dan versi android di sini

Nah sob tak di sadari telah di ujung acara nih sob !

Gimana sekarang sudah tahukan tentang Sejarah singkat Android ? yang ternyata sekarang Android itu adalah milik Google,,,

Waaaaaah Google banyak juga ya yang di milikinya ?! Google kaya banget dong ? hheee
Sudah lah jangan Ghibah Google yang jelas sekarang kita punya ilmu baru tentang Android yang selama ini telah kita gunakan.

Untuk selanjut nya tunggu postingan-postingan menarik yang terbaru selanjut nya ya, atau bisa di cari di kotak pencarian di atas... sekian dari saya.....

informasi di peroleh dari Wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates: