Evolusi Perkembangan Android Dari Masa Kemasa samapai Ke Jaman Now


perkembangan android


Apa itu Android?

Perkembangan Android Dari Masa Kemasa samapa Ke Jaman Now Pada kisaran tahun 2010 pertanyaan hal yang demikian mulai kerap dilontarkan orang dikala mendengar kata Android. Ya, karena pada dikala itu hp dengan operating system berbasis Android mulai menyerbu Indonesia.

Sifat orang Indonesia yang cenderung sangat terbuka dengan teknologi baru, benar-benar mendukung metode operasi mobile baru hal yang demikian semakin diketahui masyarakat secara luas. Walhasil, saat ini tiap orang-orang modern di Indoneisa pasti mengetahui apa itu Android.

 Android merupakan sebuah operating system yang dikhususkan untuk perangkat mobile (bukan PC). Basis dari Android adalah open source yang dikenal dengan nama Linux. Sebelumnya Android Inc. berdiri secara independen yang didirikan pada tahun 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Chris White, dan Nicks Sears. Android Inc. bermarkas di Palo Alto, California.

 Perusahaan berusaha untuk mengoptimalkan sebuah operating system mobile yang lebih canggih dari operating system mobile kala itu. Kemudian pada Agustus 2005 Google mngajukan penawaran untuk mengakuisisi perusahaan hal yang demikian

Diawali pada tahun 2005, Android Inc. dibawah naungan Google Inc. berupaya membuat sebuah operating system mobile baru. Semenjak sat itulah mulai beredar rumor bahwa Google akan mengerjakan ekspansi bisnis ke industri seluler.

 Alhasil pada bulan September 2007 Google mngajukan hak  paten atas produknya yang dinamai Nexus One.

Kemudian pada akhir tahun 2008, dibentuk sebuah regu kerja sama yang dinamai Open Handset Alliance (OHA). OHA ini terdiri dari beberapa produsen perangkat telekomunikasi ternama dunia, antara lain ASUS, Toshiba, Sony Ericsson (kini Sony), Garmin, Vodafone, dan Softbank.

 OHA bekerja sama untuk mengoptimalkan sebuah kernel Linux yang akan dijadkan sebuah program untuk perangkat seluler. Sampai alhasil OHA berhasil dan mengumumkan produk operating system mobile yang diberi nama Android. Telpon yang memperoleh kehormatan untuk mencoba pertama kali sistem operasi Anroid merupakan HTC Dream.

HTC Dream dirilis pada bulan Oktober tahun 2008. Semenjak saat itu banyak perusahaan perangkat seluler di dunia ikut serta menggunakan Android sebagai operating system telpon pintar mereka.

Tidak disangka-sangka terbukti metode operasi Android dengan kencang menjadi OS yang digemari masyarakat. Sebenarnya ini tidak terlepas dari beragam kelebihan Android yang diataranya mengusung kesanggupan multitasking

Perkembangan Android Dari Masa ke Masa Sampai ke Jaman Now

Android Beta
Pertama kali dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google.

Android 1.0 (Astro)
Pertama kali dirilis pada 23 Spetember 2008. Awalnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama "Astro" tetapi sebab alasan hak cipta dan trademark nama "Astro" tak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini.

HTC Dream merupakan telepon pintar pertama yang menerapkan OS ini. Berikut penampakan HTC Dream.

Pada android versi pertama ini sudah mulai disajikan Android Market, tempat untuk men-download bermacam variasi aplikasi dan update untuk Android. Kemudian terdapat fitur syncronisasi dengan beragam layanan Google lainnya seperti Google Contact, Calender, Maps, Talk, dan lainnya.


Android 1.1 Bender
Pertama kali dirilis pada 9 Februari 2009. Versi Android kedua ini juga mengalami keadaan sulit penamaan yang sama dengan versi pertamanya.

 Pada awalnya Android ini akan diberikan nama "Bender" akan tetapi sebab alasan melanggar trademark, nama "Bender" tak jadi disematkan pada versi Android ini.  versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini yaitu update untuk membenarkan sebagian bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur. Berikut penampakan home screen OS Android v.1.1.

Android 1.5 Cupcake
Pertama kali dirilis pada 30 April 2009. Nah, mulai versi Android ini penamaan memakai nama makan pencuci mulut (dessert) mulai diaplikasikan, sebab ini yakni versi yang ketiga maka penamaan dimulai dengan huruf "C" dan jadilah "Cupcake" menjadi nama sah dari versi OS Android ketiga ini. OS ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan sebagian update serta UI baru dari versi Android sebelumnya.

Mulai terdapat "widget" yang dapat dibesar kecilkan. Kemudian ditambah kesanggupan untuk meng-unggah video dan gambar ke Youtube dan Picasa.

Android 1.6 Donut
Dirilis pertama kali pada 15 September 2009. Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Pada versi ini juga sudah menunjang teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemudian support layar dengan resolusi WVGA. Berikut penampakan Android v1.6 Donut.

Android 2.0/2.1 Enclair
Dirilis pertama kali pada 9 Desember 2009. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.

Android 2.2 Froyo ( Frozen Yoghurt)
Dirilis pertamakali pada 20 Mei 2010 pada handphone Google Nexus One. Pada versi ini telah support kepada Adobe Flash Player 10.1.

Baja Juga :


 Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penerapan SD Card sebagai daerah penyimpanan aplikasi. Dikala Android Froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan antara Android dengan iOS yang akan kian ketat di masa yang akan datang. Sebagian versi update yang dirilis antara lain Android v.2.2.1 sampai v.2.2.3.

Android 2.3 Gingerbread
Pertama kali dipersembahkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalakan kecakapan aplikasi dan game. Serta mulai diaplikasikannya Near Field Communication (NFC).

 Pembenaran terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7. Hingga dikala ini Android Gingerbread yaitu versi Android yang memiliki pengguna terbanyak dibandingi dengan seri Android lainnya, ialah mencapai 65% dari segala versi Android yang dirilis.


Android 3.0 Honeycomb
Pertama kali dikenalkan pada 22 Februari 2011 dan Motorola Xoom yakni yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini yakni OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada tablet PC.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Hingga artikel ini ditulis ICS ialah versi Android yang paling anyar. Pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011. Telepon yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menerapkan versi Android sebelumnya, Gingerbread, bisa di-update ke Android Ice Cream Sandwich.

 Tetapi sayangnnya hingga dikala ini kebanyak smartphone yang memakai Android ICS merupakan ponsel kelas high-end yang dijual dengan harga cukup mahal. Mungkin karena alasan inilah distribusi versi Android satu ini tak lebih dari 8% hingga pertangahn tahun 2012 ini.Berikut diagram distribusi OS Android menurut versi-nya.

Android 4.1-4.3 Jelly Bean
Android Jelly Bean yakni versi Android yang paling banyak diterapkan pada ketika ini. Salah satu gadget yang mengaplikasikan sistem operasi Jelly Bean yakni Google Nexus 7 yang dipelopori oleh ASUS, vendor asal Taiwan yang juga menjadi teman satu kampung halaman dengan Acer. Fitur terupdate dari metode operasi Android Jelly Bean ini salah satunya ialah peningkatan kecakapan on-screen keyboard yang lebih pesat serta lebih responsif, dan sebagian fiture keren lainnya.

Android 4.4 Kitkat
Absensi android kitkat ialah pelucuran produk OS anyar yang dilucurkan pada 4 september 2013, sebelumnya banyak informasi beredar bila android akan meluncurkan OS baru yang bernama Android Key Lime Pie tetapi sesudah di analalisa tak cocok dengan ejaan orang awam, sehingga namanya diganti dengan OS Android KitKat yang sebagian besar orang sudah tenar dengan itu seperti yang dilangsing BBC dalam wawancaranya dengan John Lagerling selaku perwakilan dari google.

Android 5.0 LolliPop
Di Android versi L yang katanya yaitu ‘Lollipop’, Google lebih mengonsentrasikan pada sisi desain dan daya kerja. Dari segi daya kerja, Android L sudah menyokong prosesor 64 bit dan juga Android L mempunyai runtime, grafis dan tenaga bendung baterai yang lebih baik dibanding Android versi sebelumnya.
Sebagai catatan bahwa dalam bentang waktu 3 tahun ini Google cuma menerbitkan versi Android baru dengan perubahan kecil saja, adalah pada Android Ice Cream Sandwich hingga Android Kitkat. Padahal pada Android L ini Google melakukan perubahan besar yang di dalamnya terdapat berbagai ragam fitur-fitur baru.


Android 6,0 Marshmallow 
Yaitu versi utama selanjutnya dari metode operasi Android. Pertama kali dikenalkan Mei 2015 dengan kode nama Android M, secara resmi dirilis pada Oktober 2015.

Android Marshmallow berkonsentrasi terpenting pada peningkatan pengalaman pengguna secara keseluruhan dari versi Lollipop, memberi tahu arsitektur baru, termasuk bantuan kontekstual, sistem manajemen kekuatan dengan mengurangi kegiatan latar belakang saat perangkat tidak secara jasmaniah diaplikasikan, dukungan orisinil untuk pengenalan sidik jari dan USB, kecakapan untuk bermigrasi data dan aplikasi ke kartu microSD dan menggunakannya sebagai penyimpanan utama, serta perubahan internal lainnya.

Android 7,0 Nougut
Android Nougat merupakan cara operasi terupdate yang mempersembahkan perubahan penting untuk platform dan pengembangan, termasuk kesanggupan untuk memperlihatkan sebagian aplikasi di layar sekalian dalam tampilan layar terpisah, dukungan untuk balasan pemberitahuan, serta lingkungan berbasis “Java OpenJDK” dan dukungan untuk render grafis “Vulkan API”, dan pembaruan metode mulus pada perangkat yang ditunjang.


Android 8,0 Oreo
Yakni rilis utama ke 8 dari metode operasi Android. Versi ini pertama kali dirilis sebagai preview pengembang pada Maret 2017, dengan gambar pabrik untuk perangkat Nexus dan Pixel saat ini. Pratinjau pengembang terakhir dirilis pada Juli 2017, dengan versi stabil yang dirilis pada Agustus 2017.

Nah dengan Penjelasan di atas semoga ilmu tentang Perkembangan Android ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates: